Insight

Membagikan tips investasi dan cara berinvestasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial Anda

Read insight

Cermat Menyiapkan Dana Jelang dan Pasca Melahirkan

December 6, 2017
Holding Hands

Pasangan suami istri modern kini semakin cermat menata kehidupan rumah tangga baru. Karena persiapan kondisi finansial memang sangat penting bagi sebuah rumah tangga. Menikah bukan berarti harus buru-buru memiliki momongan. Justru semakin banyak pasangan suami istri yang menunda kehadiran buah hati sebelum memiliki persiapan yang matang.


Memiliki buah hati memang membutuhkan persiapan finansial yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, Anda dan pasangan wajib mencermati beberapa hal penting ini.



Menyiapkan Rumah Pribadi Terlebih Dahulu


Sesaat sebelum berencana memiliki momongan, alangkah lebih baik jika Anda menyiapkan rumah pribadi terlebih dahulu. Biaya sewa rumah kian mahal dari waktu ke waktu. Bila Anda belum memiliki rumah pribadi, pendapatan Anda akan cepat habis untuk membayar sewa rumah. Tak masalah kalau Anda ingin membelinya melalui proses Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Setelah KPR beres, rumah akan menjadi milik Anda. Jumlah cicilan yang tetap setiap bulan akan membuat Anda lebih mudah menyisihkan pendapatan untuk persiapan kehadiran buah hati.



Investasi di Bidang Reksa Dana Pendapatan Tetap


Produk investasi berupa Reksa Dana sekarang beragam jenisnya. Selain Reksa Dana saham, Anda juga bisa melirik Reksa Dana pendapatan tetap sebagai pilihan investasi. Jenis Reksa Dana yang satu ini akan mengalokasikan minimal 80% dana Anda pada obligasi. Nilai return-nya terbilang cukup tinggi, yaitu mencapai 10% per tahun. Namun risikonya masih lebih rendah dibandingkan dengan investasi pada Reksa Dana campuran. Reksa Dana pendapatan tetap sangat cocok bagi Anda yang berencana memiliki momongan lebih dari 3 tahun lagi.



Jangan Lupa Mencatat Kebutuhan Hamil dan Melahirkan


Rencana memiliki buah hati bukan soal kebutuhan anak saja. Sejak merencanakan kehamilan, Anda bahkan harus mulai memperhatikan asupan gizi, pemeriksaan kesehatan, pakaian hamil, dan beragam kebutuhan lainnya. Jadi, sebaiknya Anda mencatat semua kebutuhan hamil dan melahirkan secara teliti. Jangan lupa pula untuk mempertimbangkan inflasi yang bisa menyebabkan kenaikan biaya persalinan dan biaya kebutuhan anak di masa mendatang.



Dana Darurat Juga Tak Kalah Penting


Persiapan dana darurat sering kali diabaikan oleh pasangan suami istri yang berencana memiliki buah hati. Padahal, persiapan ini sangat penting untuk menjaga kestabilan kondisi finansial Anda. Usahakan untuk menyiapkan 30% dana darurat dari total dana yang sudah Anda miliki. Nanti dana darurat tersebut dapat digunakan untuk tambahan biaya kesehatan ibu dan bayi atau kebutuhan tak terduga lainnya.


Bila Anda melakukan persiapan dana jelang dan pasca melahirkan secara matang, Anda tak akan mengalami kesulitan finansial di masa mendatang. Anda pun bisa memenuhi semua kebutuhan buah hati secara maksimal untuk mendukung tumbuh kembangnya. Cerdas menata finansial adalah awal bagi masa depan keluarga yang lebih cemerlang.


Untuk mulai bertransaksi bersama Trima, silahkan mengunjungi halaman registrasi.


 
#investasi #Reksadana #tabungan