Insight

Membagikan tips investasi dan cara berinvestasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial Anda

Read insight

Mengungkap Mitos Investasi Reksa Dana

January 2, 2018
mitos Reksa Dana

 

Masyarakat modern wajib jeli mengelola kondisi finansial sebagai langkah antisipasi terhadap inflasi. Laju inflasi yang meningkat membuat harga kebutuhan melambung tinggi dan mengakibatkan nilai uang menjadi semakin kecil. Cara untuk mencegah penyusutan nilai uang adalah dengan berinvestasi. Salah satu jenis investasi yang praktis dan kian diminati adalah investasi Reksa Dana.


Jumlah investor Reksa Dana memang meningkat dari tahun ke tahun. Namun total keseluruhan investasi di bidang ini tergolong masih minim. Karena masih banyak mitos seputar investasi Reksa Dana yang membuat masyarakat ragu-ragu. Ulasan mengenai mitos-mitos Reksa Dana berikut ini akan menambah wawasan Anda. Sehingga Anda jadi semakin termotivasi untuk memulai investasi Reksa Dana.



Reksa Dana Butuh Modal yang Besar


Faktanya, kini investasi di bidang Reksa Dana bisa dimulai dengan modal kecil pada kisaran 100 ribu rupiah. Modal tersebut tentu tidak terasa berat bagi mayoritas kalangan kelas menengah. Anda pun tak kesulitan menyisihkan pendapatan Anda untuk memulai investasi Reksa Dana. Seiring dengan berjalannya waktu, Anda pun bisa menambah modal Reksa Dana tersebut sesuai kemampuan finansial Anda.



Risiko Investasi Reksa Dana Sangat Tinggi


Setiap jenis Reksa Dana memiliki tingkat risiko yang berbeda-beda. Anda bisa menyesuaikan pilihan Reksa Dana dengan kemampuan investasi Anda. Bagi para investor pemula, Reksa Dana pasar uang sangat disarankan karena risikonya terbilang paling kecil dibandingkan jenis Reksa Dana lain. Sementara itu, Reksa Dana saham adalah jenis Reksa Dana yang berpeluang menghasilkan keuntungan besar tetapi juga memiliki risiko cukup tinggi. Reksa Dana saham lebih cocok bagi Anda yang sudah memahami seluk-beluk dunia saham secara mendalam.



Prosedur Awal Investasi Reksa Dana Sangat Sulit


Anda tak harus melalui prosedur yang sulit bila ingin memulai investasi Reksa Dana. Anda hanya perlu membuat rekening investasi di pasar modal. Nanti, Anda bisa menggunakan rekening tersebut untuk menambah jumlah investasi atau membeli unit investasi pada jenis Reksa Dana lainnya. Kepemilikan rekening investasi akan mendukung Anda untuk lebih aktif berinvestasi dan mempelajari banyak hal tentang Reksa Dana.



Proses Pengelolaannya Rumit dan Menyita Waktu


Ternyata proses pengelolaan investasi Reksa Dana tidak sulit. Anda bisa memantau pergerakan nilai investasi Anda secara real time melalui aplikasi mobile. Selain itu, pengelolaan tersebut juga akan dibantu oleh Manajer Investasi. Investasi Reksa Dana tidak akan menyita waktu dan perhatian Anda. Sehingga Anda tak perlu repot-repot mengelola investasi di tengah kesibukan rutinitas.


Setelah mengetahui kebenaran di balik mitos investasi Reksa Dana, tentu kini Anda semakin yakin berinvestasi di bidang ini. Mari sisihkan tabungan Anda untuk mulai berinvestasi dan segera rasakan manfaat keuntungannya di masa mendatang. Untuk mulai bertransaksi bersama Trima, silahkan mengunjungi halaman registrasi.

#investasi #Reksadana #saham #trima