Insight

Membagikan tips investasi dan cara berinvestasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial Anda

Read insight

Tips Investasi Reksa Dana untuk Ibu Rumah Tangga

January 23, 2018

ibu rumah tangga 


Siapa bilang ibu rumah tangga tak bisa memiliki investasi?

Justru gaya hidup hemat yang diterapkan di rumah bisa menjadi awal cemerlang untuk memiliki investasi Reksa Dana. Daripada terus-terusan menabung tanpa tujuan yang jelas, lebih baik Anda menginvestasikan dana tabungan tersebut. Ikuti beberapa tips berikut ini bila ingin menjadi ibu rumah tangga yang mahir berinvestasi di bidang Reksa Dana:



Siapkan Dana untuk Membuka Rekening Dana Nasabah


Hal pertama yang wajib Anda lakukan bila ingin berinvestasi di bidang Reksa Dana adalah menyiapkan Rekening Dana Nasabah (RDN). Rekening dana nasabah adalah rekening bank atas nama investor yang akan digunakan untuk penyelesaian transaksi efek. Setoran awal RDN adalah Rp 100.000. Setoran tersebut sekaligus berfungsi sebagai deposit minim RDN.



Mulai Mempelajari Cara Investasi Reksa Dana


Cara investasi Reksa Dana sebenarnya tidak sulit. Karena kini pengelolaan Reksa Dana dapat dibantu oleh manajer investasi. Pilihlah perusahaan Manajer Investasi yang keberadaannya sudah diakui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa investasi Reksa Dana yang Anda pilih benar-benar aman dan kredibel.



Mengenal Empat Jenis Reksa Dana


Ada empat jenis Reksa Dana yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, yaitu Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Campuran, dan Reksa Dana Saham. Reksa Dana Pasar Uang merupakan pilihan yang tepat bagi investor pemula karena risikonya lebih kecil dibandingkan jenis Reksa Dana lain. Selain itu, Reksa Dana Pasar Uang juga cocok untuk tujuan investasi jangka pendek bila Anda membutuhkan pengembaliannya dalam waktu satu tahun. Sebab dana yang Anda investasikan akan dimanfaatkan untuk deposito, surat berharga komersil, atau obligasi yang waktu jatuh temponya tak lebih dari satu tahun.



Menambah Investasi Reksa Dana Secara Berkala


Setelah memiliki investasi Reksa Dana, maka sebaiknya Anda menambah nilai investasi tersebut secara berkala. Anda bisa mengandalkan bantuan dari manajer investasi untuk melakukan autodebet secara teratur setiap bulan. Jika tak mengandalkan Manajer Investasi, Anda juga bisa memutuskan untuk menambah investasi saat nilai Reksa Dana sedang mengalami penurunan. Kedisiplinan Anda saat berinvestasi Reksa Dana akan meminimalkan perilaku konsumtif saat mengelola anggaran rumah tangga.


Mulai sekarang, jangan ragu memanfaatkan cara investasi Reksa Dana yang semakin praktis dengan modal awal yang terjangkau. Karena ibu rumah tangga masa kini yang cerdas mengelola keuangan tentu bisa memiliki investasi Reksa Dana yang potensi keuntungannya besar. Untuk mulai bertransaksi bersama Trima, silahkan mengunjungi halaman registrasi.

#investasi #Reksadana #tips