reksadana

Reksadana adalah gabungan dana masyarakat yang diinvestasikan kembali ke berbagai instrumen pasar modal oleh sebuah manajer investasi. Ketahui jenis-jenis reksadana.

Reksadana

Berbeda dengan saham dimana pembeliannya menggunakan satuan lot, pembelian reksadana menggunakan satuan unit penyertaan dan harga per unitnya tergantung dari Nilai Aktiva Bersih (NAB) harian reksadana tersebut. Nilai Aktiva Bersih setiap reksadana berbeda-beda dan dapat mengalami kenaikan maupun penurunan setiap harinya. Pembelian reksadana biasanya akan mengikuti NAB akhir hari. Namun, jika pembelian dilakukan setelah melewati batas waktu, pembelian akan mengikuti NAB hari berikutnya. Kenali empat jenis reksadana.

01

Reksadana Saham

Reksadana saham adalah reksadana yang sebagian besar atau sekitar 80% investasi pada instrumen pasar modalnya berupa efek saham. Reksa dana ini memiliki risiko paling tinggi dibandingkan reksa dana lainnya namun juga dapat memberikan imbal hasil yang tinggi pula.

Buka Akun Reguler

Reksadana

Keuntungan investasi pada reksadana dapat diperoleh melalui selisih NAB pada saat penjualan dengan NAB pada saat Anda melakukan pembelian. Melalui Trima nasabah dapat melakukan pembelian (subscription), penjualan (redemption), maupun penukaran (switching). Transaksi pembelian dapat juga dilakukan secara berkala, baik secara mingguan dan bulanana. Tentukan periode dan nilai pembelian.

02

Reksadana Pendapatan Tetap

Reksadana yang sebagian besar atau sekitar 80% investasi pada instrumen pasar modalnya berupa efek hutang atau obligasi. Reksa dana ini memiliki risiko yang lebih rendah dibandingkan reksa dana saham dan lebih tinggi dari reksa dana pasar uang, reksa dana ini memberikan imbal hasil yang cenderung stabil.

Buka Akun Reguler

Reksadana

Keuntungan lainnya dari investasi reksadana bersama Trima adalah daya beli atau buying power yang menjadikan reksadana sebagai salah satu efek yang dijadikan jaminan bersama dengan saham. Sehingga melalui reksadana sebagai bagian dari buying power, Anda dapat tetap melakukan pembelian saham dengan nilai yang hampir sama dengan pembelian reksadana tersebut.

03

Reksadana Campuran

Reksadana campuran melakukan investasi pada efek bersifat saham dan hutang. Reksa dana ini memiliki risiko dan imbal hasil yang lebih rendah dari reksa dana saham.

Buka Akun Reguler

Reksadana

Sebelum melakukan investasi reksadana, jangan lupa untuk mengetahui risiko profil Anda. Tentukan jenis reksadana yang cocok dengan profil risiko Anda. Melalui pembukaan akun reguler pada Trima, Anda akan diberikan kesempatan untuk menjawab sepuluh pertanyaan agar Anda mengetahui apakah Anda memiliki sifat agresif, moderate, atau konservatif. Rekomendasi produk juga diberikan secara bersamaan.

04

Reksadana Pasar Uang

Reksadana yang sebagian besar atau lebih dari 80% investasinya berada pada pasar uang. Pasar uang sendiri adalah efek bersifat hutang yang jatuh tempo kurang dari 1 tahun. Reksa dana ini memiliki risiko yang paling rendah dari reksa dana lainnya dan juga memberikan imbal hasil yang cenderung stabil.

Buka Akun Reguler