Produk & Layanan

Trima menyajikan solusi investasi yang mudah, cepat, dan aman. Melalui Trima pula, Anda dapat melakukan investasi pada berbagai instrumen pasar modal melalui satu aplikasi dan satu akun. Anda dapat melakukan investasi pada efek saham dan reksadana. Ketahui lebih lanjut mengenai intrumen pasar modal tersebut.

Reksa Dana

Reksa Dana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi.

Tiga kata kunci: Pertama, dana dari masyarakat pemodal. Kedua, dana diinvestasikan dalam portofolio efek. Ketiga, dana dikelola oleh Manajer Investasi.

Manajer Investasi adalah pihak yang dipercaya untuk mengelola dana investasi tersebut. Berbentuk badan hukum, terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan memiliki tenaga kerja bersertifikat.

Keunggulan:

Bisa dimulai dengan modal kecil bahkan mulai Rp 100 ribu, Rp 500 ribu atau Rp 1 juta
Tidak menyita waktu, cocok bagi investor yang sibuk dengan kegiatan sehari-hari
Tidak menuntut keahlian atau pengetahuan mendalam tentang investasi di pasar modal. Sudah dibantu Manajer Investasi
Memiliki rekening dan identitas investor yang sama di pasar modal sehingga bisa digunakan untuk mengalihkan dana investasi (switching) misalnya suatu saat memutuskan pindah menjadi investasi saham atau sekadar pindah dari satu jenis Reksa Dana ke jenis Reksa Dana lainnya
Mendorong mulai disiplin keuangan dan lebih memahami tentang investasi di pasar modal. Rencanakan investasi Reksa Dana lebih matang bersama Trima. Pembelian (subscription) secara berkala bisa diatur baik itu mingguan maupun bulanan.
Fitur informasi Trima yang holistik dan komprehensif akan membantu memberikan update situasi pasar termasuk ragam hasil riset sehingga berbagai risiko bisa diantisipasi.

Risiko:

Nilai unit penyertaan bisa bertambah atau berkurang. Dipengaruhi oleh naik turunnya harga efek (saham, Surat Utang Negara, obligasi korporasi, nilai tukar Negara, dan lainnya) yang menjadi portofolio di dalam Reksa Dana (underlying)
Risiko Likuiditas. Risiko ini terjadi jika dilakukan penjualan kembali (redemption) oleh sebagian besar investor pemegang unit Reksa Dana sehingga Manajer Investasi harus menyiapkan dana dalam jumlah banyak. Dalam kondisi ekonomi dan politik berjalan normal, kondisi itu sangat jarang terjadi

Reksa Dana

Berbeda dengan saham dimana pembeliannya menggunakan satuan lot, pembelian Reksa Dana menggunakan satuan unit penyertaan dan harga per unitnya tergantung dari Nilai Aktiva Bersih (NAB) harian Reksa Dana tersebut. Nilai Aktiva Bersih setiap Reksa Dana berbeda-beda dan dapat mengalami kenaikan maupun penurunan setiap harinya. Pembelian Reksa Dana biasanya akan mengikuti NAB akhir hari. Namun, jika pembelian dilakukan setelah melewati batas waktu, pembelian akan mengikuti NAB hari berikutnya. Kenali empat jenis Reksa Dana.

01

Reksa Dana Saham

Reksadana saham adalah reksadana yang sebagian besar atau sekitar 80% investasi pada instrumen pasar modalnya berupa efek saham. Reksa dana ini memiliki risiko paling tinggi dibandingkan reksa dana lainnya namun juga dapat memberikan imbal hasil yang tinggi pula.

Buka Akun Reguler

Reksa Dana

Keuntungan investasi pada Reksa Dana dapat diperoleh melalui selisih NAB pada saat penjualan dengan NAB pada saat Anda melakukan pembelian. Melalui Trima nasabah dapat melakukan pembelian (subscription), penjualan (redemption), maupun penukaran (switching). Transaksi pembelian dapat juga dilakukan secara berkala, baik secara mingguan dan bulanan. Tentukan periode dan nilai pembelian.

02

Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa Dana yang sebagian besar atau sekitar 80% investasi pada instrumen pasar modalnya berupa efek hutang atau obligasi. Reksa Dana ini memiliki risiko yang lebih rendah dibandingkan Reksa Dana Saham dan lebih tinggi daripada Reksa Dana Pasar Uang dan memberikan imbal hasil yang cenderung stabil.

Buka Akun Reguler

Reksa Dana

Keuntungan lainnya dari investasi Reksa Dana bersama Trima adalah daya beli atau buying power yang menjadikan Reksa Dana sebagai salah satu efek yang dijadikan jaminan bersama dengan saham. Sehingga melalui Reksa Dana sebagai bagian dari buying power, Anda dapat tetap melakukan pembelian saham dengan nilai yang hampir sama dengan pembelian Reksa Dana tersebut.

03

Reksa Dana Campuran

Proporsi efek (ekuitas, hutang, dan pasar uang) di Reksa Dana Campuran bisa disesuaikan dengan proyeksi keuntungan. Tingkat keuntungan dan risikonya di bawah Reksa Dana Saham dan di atas Reksa Dana Pendapatan Tetap. Reksa Dana ini cocok untuk investor yang bersedia menerima risiko dan keuntungan yang lebih tinggi dengan tujuan investasi jangka menengah (1-3 tahun).

Buka Akun Reguler

Reksa Dana

Sebelum melakukan investasi Reksa Dana, jangan lupa untuk mengetahui risiko profil Anda. Tentukan jenis Reksa Dana yang cocok dengan profil risiko Anda. Melalui pembukaan akun reguler pada Trima, Anda akan diberikan kesempatan untuk menjawab sepuluh pertanyaan agar Anda mengetahui apakah Anda memiliki sifat agresif, moderate, atau konservatif. Rekomendasi produk juga diberikan secara bersamaan.

04

Reksa Dana Pasar Uang

Reksa Dana yang sebagian besar atau lebih dari 80% investasinya berada pada pasar uang. Pasar uang sendiri adalah efek bersifat hutang yang jatuh tempo kurang dari 1 tahun. Reksa Dana ini memiliki risiko yang paling rendah daripada Reksa Dana lainnya dan juga memberikan imbal hasil yang cenderung stabil.

Buka Akun Reguler