Produk & Layanan

Trima menyajikan solusi investasi yang mudah, cepat, dan aman. Melalui Trima pula, Anda dapat melakukan investasi pada berbagai instrumen pasar modal melalui satu aplikasi dan satu akun. Anda dapat melakukan investasi pada efek saham dan reksadana. Ketahui lebih lanjut mengenai intrumen pasar modal tersebut.

Saham

Saham adalah tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Membeli saham berarti menjadi bagian dari pemilik perusahaan dimaksud.

Memiliki saham sebuah perusahaan maka memiliki hak klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas aset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perusahaan.

Di pasar saham Indonesia, sesuai kebijakan Bursa Efek Indonesia (BEI), transaksi jual dan beli saham dilakukan dalam satuan lot. Satu lot berisi 100 saham. Adapun, saham bisa dibedakan menjadi dua, yakni saham konvensional (saham) dan saham syariah.

Saham Syariah

Panduan tertinggi untuk produk investasi syariah adalah Daftar Efek Syariah (DES) yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara periodik dua kali dalam setahun. Dirilis pada akhir Mei dan akhir November kemudian berlaku efektif pada awal bulan berikutnya. DES menjadi pedoman bagi para pihak berkepentingan terhadap efek atau saham syariah mulai dari Bursa Efek Indonesia (BEI), Manajer Investasi, investor institusi, dan investor individu.

BEI juga melakukan penilaian atas saham syariah untuk dimasukkan dalam kelompok Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dan Jakarta Islamic Index (JII). Secara umum mekanisme perdagangan saham di BEI pun halal. Pada 2011 Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) mengeluarkan Fatwa Nomor 80 yang memberikan dasar atau hukum fikih yang kuat bahwa mekanisme lelang berkelanjutan (continous auction) dalam transaksi efek bersifat ekuitas di pasar reguler (perdagangan di BEI) telah sesuai dengan prinsip syariah.

Kriteria Saham Syariah

Kegiatan utama perusahaannya tidak bertentangan dengan prinsip umum syariah
Rasio antara total utang berbasis bunga dibandingkan dengan total aset tidak lebih dari 45 persen
Rasio antara total pendapatan bunga dan pendapatan tidak halal dibandingkan dengan total pendapatan tidak lebih dari 10 persen

Why Saham?

Saham pilihan tepat untuk investasi jangka panjang. Menjadi sumber penghasilan saat memasuki usia pensiun atau sebagai tabungan untuk memenuhi kebutuhan lain di masa depan.
Sebagai cara menjadi bagian dari pemilik sebuah perusahaan. Dalam konteks lebih luas, saham merupakan instrumen untuk menyebar dan membagikan keuntungan perusahaan kepada masyarakat yang menjadi pemilik sahamnya.
Latar belakang (history) pertumbuhan positif investasi saham menjadikan nilai aset atau harta dimiliki tidak tergerus kenaikan angka inflasi.
Saham merupakan produk investasi paling likuid. Bisa beli dan jual kapan saja sesuai strategi investasi. Bisa berpindah dari saham satu perusahaan ke saham perusahaan lainnya setiap saat pada jam perdagangan saham berlangsung.
Risiko pada investasi saham bisa diminimalisir dengan memerkaya informasi dan pengetahuan.

Potensi Keuntungan Saham

Dividen: Pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan berasal dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan pada periode tertentu. Dividen diberikan setelah mendapat persetujuan dari pemegang saham dalam RUPS.
Capital Gain: Selisih antara harga beli dan harga jual. Contoh: beli saham ABCD Rp 1.000 per saham kemudian harganya naik dan dijual pada harga Rp 1.500 per saham. Terdapat keuntungan Rp 500 per saham.

Potensi Risiko Saham

Capital Loss: Kebalikan dari Capital Gain. Di pasar sekunder, harga saham akan mengalami fluktuasi, naik dan turun. Menjual saham pada harga lebih rendah dibandingkan harga saat beli adalah Capital Loss.
Likuidasi: Setiap perusahaan berpotensi terkena likuidasi. Dinyatakan bangkrut oleh pengadilan atau perusahaannya dibubarkan. Bukti kepemilikan saham bisa menjadi klaim untuk mendapatkan bagian dari sisa aset perusahaan. Maka penting untuk mengikuti perkembangan perusahaan dan pilihlah perusahaan dengan kinerja dan tata kelola perusahaan yang baik.

Why Trima?

Trima adalah aplikasi investasi online terintegrasi. Persembahan berupa layanan inovatif dari Trimegah Sekuritas seiring kemajuan teknologi untuk kenyamanan, kemudahan, dan kecepatan. Membantu menemukan kembali hakikat bahwa investasi sesungguhnya merupakan hal mudah.

Kenyamanan
Informasi disampaikan dengan bahasa semudah membaca pesan singkat
Riset menyajikan analisis teknikal dan fundamental untuk menilai dan membandingkan sejumlah saham pilihan
Indikator lain yang bisa memengaruhi keputusan terhadap saham atau menjadi pertimbangan untuk investasi pada produk lainnya di pasar modal
Kemudahan
Fitur Trima didesain untuk menciptakan kemudahan berinvestasi. Satu akun dan satu aplikasi saja bisa digunakan sekaligus untuk berinvestasi saham atau Reksa Dana
Di Trima, portofolio Reksa Dana yang dimiliki bisa menjadi jaminan untuk bertransaksi saham. Hal tersebut memungkinkan terjadi sebab sistem antarinstrumen terintegrasi
Kecepatan
Semudah dan secepat informasi diakses, secepat itu pula investor bisa mengubah keputusan investasi melalui Trima
Berbagai fitur yang ada membantu investor bertransaksi dengan cepat dan memantau perkembangan portofolio investasi secara real time
Dalam kondisi kurang memungkinkan, Anda bisa menghubungi customer service langsung dari aplikasi Trima

saham

Saham merupakan salah satu instrumen pasar modal yang menggambarkan kepemilikkan terhadap suatu perusahaan terbuka dari saham yang dibeli. Melalui investasi pada saham Anda tidak hanya akan mendapatkan keuntungan melalui hasil jual beli atau capital gain tetapi Anda dapat mendapatkan imbal hasil melalui deviden yang dibayarkan oleh emiten pada setiap tahunnya. Kenali akun utama untuk memulai trading saham Anda.

01

Regular

Akun regular merupakan akun utama yang harus Anda miliki untuk bisa melakukan investasi pada saham. Anda akan memiliki nomor SID, Kode Klien, dan RDN ketika melakukan pembukaan akun regular ini. Dengan pembukaan akun regular, Anda tidak hanya dapat melakukan pembelian efek saham tetapi juga reksadana. Pembelian saham pun dapat dilakukan menggunakan uang kas ataupun dengan buying power atau daya beli yang terdiri dari uang kas yang Anda miliki, efek berupa saham dan reksadana sebagai collateral atau jaminanannya.

Buka Akun Reguler

saham

Dalam melakukan investasi pada saham terdapat beberapa jenis investor, seperti long term investor ataupun trader yang lebih sering melakukan pembelian dan penjualan saham dalam jangka waktu lebih pendek. Kenali sifat investasi Anda untuk dapat memulai trading saham. Melalui Trima Anda juga dapat melakukan pembelian melalui akun marjin. Kenali lebih jauh mengenai akun marjin tersebut.

02

Marjin

Akun marjin merupakan akun yang memperbolehkan Anda melakukan pembelian saham beberapa kali lipat lebih banyak dari nilai uang kas yang Anda miliki. Melalui Akun Marjin Anda membeli saham menggunakan sejumlah dana yang dipinjamkan. Anda tentunya diharuskan menempatkan collateral atau jaminan diawal pembukaan rekening marjin Anda, baik berupa dana maupun saham dengan jumlah tertentu. Saham-saham yang dapat ditransaksikan tentunya adalah saham-saham yang telah ditetapkan oleh BEI sebagai saham marjin. Untuk dapat bertransaksi melalui rekening Marjin, Anda terlebih dahulu harus memiliki rekening Regular Online.

Buka Akun Reguler

Saham

Selain dapat digunakan oleh long term investor maupun trader, Trima juga dapat membantu peserta program MSOP/ESOP untuk dapat melakukan investasi dengan mudah melalui aplikasi. Kenali lebih jauh terkait akun MSOP/ESOP pada Trima.

03

MSOP/ESOP

Management Stock Ownership Program or Employee Stock Ownership Program merupakan layanan yang dimiliki oleh Trima untuk memudahkan karyawan emiten untuk dapat mengikuti program MSOP/ESOP emiten tempat karyawan bekerja dengan lebih mudah dan aman. Melalui layanan ini kegiatan MSOP/ESOP dapat dipantau secara online dan penjualan saham pun dapat dilakukan melalui aplikasi Trima. Untuk program MSOP/ESOP, silahkan hubungi call center kami.

Hubungi Call Center